Kamis, November 20, 2008

Berbisnis dengan Cerdas

Berbisnis dengan Cerdas
tidak sekadar menjual dan mendapatkan untung

Keluhan klasik para penjual barang / usaha adalah kesal karena tiba-tiba klien memintanya untuk mengganti desain/ pesanan karena kurang sesuai. Hal ini acap kali terjadi apabila kita menghadapi tipikal klien yang susah untuk bekerja sama. Padahal pesanan klien tersebut telah kita kerjakan cukup lama dan melelahkan.

Tentu saja hal ini tidak boleh ditanggapi dengan sikap negatif dan raut wajah kecewa, bagaimanapun juga klienlah yang memberikan pekerjaan bagi kita selaku penjual/ pebisnis. Mungkin memang rasanya kesal setengah mati. Bagaimana tidak, pesanan dari klien tersebut telah kita anggap sempurna, baik dari sisi kesesuaian content maupun dukungan desain layout, atau apapun itu. Untuk menghasilkan hal tersebut tidaklah mudah, kita umumnya butuh waktu beberapa hari untuk menterjemahkan keinginan klien untuk kemudian mengimplementasikannya dalam desain dan pengerjaan.

Namun bagaimanapun keluhan klasik tersebut sebisa mungkin kita hindari.

1. Tanyakan dan Pahami Keinginan Klien
Ada baiknya sebelum mulai mengerjakan pesanan, kita menanyakan gambaran kasar yang diinginkan klien. Kita bisa memulainya dari melihat desain logo, warna dasar perusahaan (ada di brosur, katalog, sampai desain ruangan kantor), kemudian tanyakan konsep desain/ pesanan yang bagaimana yang diinginkan klien kita, simpel, techie, eksklusif atau konsep lain barangkali.

Beruntung jika ternyata klien memiliki referensi situs, atau file dalam format komputer. Ini akan memudahkan proses penerjemahan keinginan klien. Dari referensi tersebut bisa ditanyakan hal apa yang membuat klien Anda menyukainya.

2. Catatlah semua hasil diskusi dengan klien
Agar tidak lupa. Lebih baik lagi jika Kita telah membuat formulir standar yang isiannya dapat memudahkan kita dalam mengerjakan pesanan klien. Hal ini juga baik kita lakukan untuk meminimalisir kesalahan dan salah paham.

3. Bagaimanapun Pelanggan adalah Raja
Pepatah ini sangat populer dan filosofinya telah menghantarkan ribuan perusahaan ke puncak sukses karena mampu melayani dan memahami klien dengan baik. Namun perlu diingat bahwa Raja pun butuh seorang penasihat. Berikan advise/ saran kepada klien apabila menurut kita pilihan desain tidak sesuai dengan konsep, atau mungkin misalnya pemilihan warna menyebabkan desain tidak senada dengan content. Posisikan diri kita sebagai penasihat terbaik sehingga perlahan akan tercipta kedekatan emosional. Ini membuat klien lebih mudah dikendalikan.

4. Ajukan Beberapa Alternatif
Jika kita sudah dapat memahami benar keinginan klien, buatlah beberapa pilihan/ contoh alternatif yang sesuai dengan keinginan klien. Masukkan ide-ide baru di dalamnya secara terpisah sehingga klien tidak terpaku pada preferensinya. Presentasikan dengan baik tentang desain-desain tersebut. Ini membantu klien memahami dan mendapatkan gambaran yang lebih tepat mengenai pesanannya yang akan dibuat.

5. Tetap Cool menghadapi Perubahan
Tanyakan, pastikan, dan yakinkan apakah contoh yang telah kita kerjakan sudah benar-benar sesuai dengan keinginan klien. Hadapilah permintaan perubahan dengan bijak. Arahkan agar perubahan yang diinginkan tidak mengacaukan konsep desain yang telah dibuat. Adaptasikan keinginan klien ke dalam contoh desain dengan baik sehingga perubahan tersebut dapat menambah nilai dari contoh desain/ pesanan yang telah kita buat.

6. Tepat Waktu
Hal ini menjadi cerminan profesionalitas kita. Jangan pernah berpikir bahwa klien membutuhkan kita, namun kita lah yang membutuhkan klien. Namun perlu diingat bahwa klien juga harus kita jaga ketepatan waktunya. Kemunduran waktu akibat keterlambatan penyerahan content seringkali membuat kita kesal. Kelola waktu yang ada di dalam proyek dengan cermat.

Percayalah bahwa konsep marketing without marketing cukup ampuh. Jika klien puas dengan pekerjaan kita kali ini, dia akan mereferensikan kita kepada orang yang lain. Dengan demikian klien dapat memberikan kontribusi market karena profesionalitas kita sudah tidak diragukan lagi.

Marketing without Marketing!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Coin Casino Review (2021) | Claim Your Welcome Bonus
The casino online is 메리트 카지노 a top-rated casino with some of the best bonuses, games, mobile casino bonuses, and more. What makes the crypto-casino a 제왕카지노 good 💰 Top Casino Slot Games: Videoslots🎁️ Welcome Bonus: 100% up 인카지노 to €500🏆 Best For: Slots💰 Best For: Roulette