Senin, November 17, 2008

Pelanggan/Konsumen Puas - itulah kuncinya

"Konsumen / Pelanggan Now Nomor Wahid."
sebuah slogan sebuah perusahaan yang menginspirasi untuk menulis postingan ini

Ketika Modal sudah dicari, Ketika Management keuangan sudah siap untuk meng-entry, dan Sumber Daya Manusia sudah tersedia, maka Bisnis pun siap tancap gas. Kita sebagai pucuk pimpinan, tentu menginginkan bisnis kita lancar tiada kendala hingga sampai di tempat tujuan. Dengan cukup bahan bakar, Dengan selamat, tidak bangkrut.

Sebenarnya, tidaklah cukup dengan asal tancap gas. Tidaklah cukup dengan bahan bakar melimpah (dalam hal ini : modal). Tidaklah cukup dengan banyaknya supir cadangan dan teknisi yang ahli dalam bidang bisnis anda.

Satu hal yang amat teramat penting untuk kita "perhatikan" (baca : manjakan) adalah : KONSUMEN / PELANGGAN.

Suatu yang sangat tidak kita inginkan terhadap bisnis kita adalah kehilangan pelanggan. Karena kehilangan pelanggan = kebangkrutan. Sebuah kemestian. Pelanggan adalah mereka yang membeli / memanfaatkan produk kita hingga membuat bisnis kita dapat terus berproduksi. Merekalah yang membuat bisnis kita tetap eksis.

1 syarat yang membuat bisnis kita tetap eksis adalah adanya pelanggan. Lalu, apakah yang dapat membuat pelanggan kita tetap eksis? Sebuah pertanyaan menarik, dan berikut sedikit hal yang dapat kita terapkan untuk menjawab pertanyaan di atas.

Pertahankan Hal-Hal Berikut dan lihat hasilnya :

1. Tepat Waktu.
Berusahalah menepati janji kita dengan konsumen tepat pada waktunya, apapun alasannya, tepati waktu yang telah kita janjikan. Ingat, kepercayaan hanya diberikan satu kali.

2. Prioritaskan Kualitas.
"Lebih baik menaikkan harga, daripada menurunkan kualitas." mungkin terlalu beresiko, namun inilah pilihan yang bijak. Sedapat mungkin, kita harus senantiasa menjaga kualitas produk kita, minimal mempertahankannya.

3. Bersahabatlah dalam harga.
Manjakan pelanggan dengan permainan harga. Beri mereka bonus di saat-saat tertentu. Beri juga mereka potongan harga bila perlu. Hal ini cenderung memberi kenyamanan pada para pelanggan dan akan mempertahankan hubungan kerjasama antara kita dengan pelanggan.

4. First Class Smile.
Selalu tersenyum. Buat para pelanggan nyaman ketika berhadapan dengan kita. Dengarkan dengan hati-hati ketika mereka berbicara. Ciptakan suatu kondisi dimana "kita butuh mereka".

Coba kita terapkan salah satu saja hal di atas dan lihat perubahan apa yang akan terjadi.


Tidak ada salahnya pula kita beri mereka pelayanan extra, yang memudahkan dan memanjakan pelanggan kita.

1. Konsep One Stop Shopping.
Kebanyakan orang cenderung lebih menyukai jika mereka berkunjung ke suatu tempat, kemudian mereka bisa menemukan semua yang mereka butuhkan di suatu tempat itu. Dengan konsep "one stop shopping", kita menyediakan segala kebuuhan pelanggan. Dengan kata lain, kita membangun sebuah bisnis Multi Talenta. Tentu cara ini dapat menggaet pelanggan dengan pangsa/ segment pasar yang jauh lebih luas.

2. Layanan Online.
Internet saat ini sangatlah menjamur di masyarakat luas. Tidak ada salahnya bila kita mengikuti trend masyarakat ini. Sediakan layanan online seperti : layanan chatting, email, bahkan jika perlu buatlah website khusus yang menjual produk kita.

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar: