Rabu, November 04, 2009

Arti Jemput Bola dalam Bisnis?

Apa Makna dari : Jemput Bola?
mendatangi customer, atau customer yang mendatangi kita?

Apa sebenarnya makna dari "Jemput Bola" dalam berbisnis atau berdagang?
Jemput
= Mendatangi, Mencari
Bola
= Customer, Pelanggan
Jemput Bola
= Mendatangi/ Mencari Pelanggan.

Ada sebuah contoh, seorang pedagang es potong akan berkeliling kampung / perumahan untuk menjajakan es potongnya sambil berteriak "Eees Eees!" atau memukul bel "Tiing Tiing!". Yap, ini bisa disebut seorang penjual es sedang melakukan aksi "Jemput Bola", karena tukang es itu melakukan aksi mendatangi/ mencari pelanggan.

Sebuah contoh lagi, seorang tukang pijat urat yang buta menyuruh orang untuk memasang spanduk bertuliskan "Tunanetra Ahli Pijat Urat Berijazah!" apakah tindakan seperti ini dapat disebut "Jemput Bola"? Padahal tukan pijat itu tidak melakukan aksi
mendatangi/ mencari pelanggan?

Mari kita kembali ke pertanyaan pada awal posting ini
"mendatangi customer, atau customer yang mendatangi kita?"

Sebenarnya, sudah bisa dikatakan kita telah melakukan aksi "Jemput Bola" apabila customer/ pelanggan telah mendatangi warung, toko, atau website kita. Mengapa begitu? Karena maksud dan tujuan dari aksi "Jemput Bola" adalah Mendatangkan Pelanggan.

Apapun cara dan jalannya, asal pelanggan datang ke tempat kita berjualan, berarti kita berhasil
"Menjemput Bola", bahkan lebih dari itu, kita berhasil "Mendatangkan Bola". Justru "Jemput Bola" dapat dikatakan SUKSES bila cara yang ditempuh EFEKTIF, EFISIEN, dan Menghasilkan Banyak BOLA.

Sehingga disini kita dapat menyimpulkan, arti dari "Jemput Bola" adalah
Mendatangi/ Mencari Pelanggan (dengan cara apapun yang efektif tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga) . Dalam bisnis online, kita bisa menjemput bola dengan cara sering-sering promosi di situs-situs iklan baris gratis, serta banyak melakukan komentar pada blog rekan-rekan kita.

Jemput Bola Tidak Terlalu Sulit kan??

Tidak ada komentar: