Sabtu, Mei 30, 2009

Kejadian di Pasar Bawang

Di Antara Ratusan Pedagang Bawang, Ada 1 Pedagang yang "Berbeda"
bagaiman trik menjadi pedagang/pebisnis yang berbeda dari yang lain

Di sebuah pasar terdapat puluhan, bahkan ratusan pedagang bawang. Masing-masing melakukan kegiatan yang sama satu sama lain, yaitu Berdagang Bawang! Bawang yang mereka jual juga sama-sama terdiri dari bawang merah dan bawang putih.

Sekarang, bayangkan jika kita kebetulan sedang ingin membeli bawang di pasar tersebut, apa yang akan terjadi? Yang terjadi adalah kita akan kebingungan memilih pedagang mana yang seharusnya kita pilih untuk di beli (bawangnya). Kemudian pada akhirnya kita memilih dengan acak ke seorang pedagang. Toh, hanya membeli bawang saja, apa sih bedanya?!

Namun, di sudut pasar, terlihat ada seorang pedagang bawang yang sedang sibuk melayani pelanggannya yang membeludak. Yap, mereka semua hanya hendak membeli bawang! Lalu apa yang membuat para pelanggan itu mengerumuni pedagang tersebut?

Cerita punya cerita....

Ternyata, setelah diamati, pedagang tersebut bukanlah seorang pedagang biasa yang hanya tahu untung-rugi, atau laku-tidak laku. Pedagang tersebut mengetahui bagaimana caranya bersaing! Dia tahu bagaimana trik menjadikan pelanggannya terus setia pada bawang dagangannya.

Yap, pedagang cerdas ini menggunakan trik BONUS. Setiap pelanggan yang membeli bawang dengan jumlah tertentu dan kelipatannya, ia akan diberi BONUS beberapa bawang tambahan. Tentu saja hal ini membuat pelanggan terkesan, dan merasa diistimewakan oleh pedagang tersebut. Dan akhirnya, pelanggan ini (ketika ingin membeli bawang di pasar ini lagi) akan kembali mendatangi pedagang cerdas ini.

Bonus yang Diberikan pada Pelanggan Tidak akan Membuat Kita Merugi! Justru Sebaliknya!

Tidak ada komentar: